Minggu, 20 Desember 2015

Tari dan Senam Konservasi UNNES

TARI DAN SENAM  KONSERVASI

Unnes merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah yang berwawasan konservasi. Adanya Mata Kuliah Pendidikan konservasi merupakan salah satu upaya Unnes untuk mengenalkan konservasi kepada kader konservasi khususnya mahasiswa baru. Mata Kuliah Pendidikan Konservasi dilaksanakan serentak pada semester satu oleh Mahasiswa baru. Mahasiswa baru dituntut dapat mengaplikasikan konservasi secara nyata. Setiap mahasiswa baru diwajibkan menanam satu pohon, mengaplikasikan Tujuh Pilar konservasi. Tujuh Pilar konservasi meliputi : (1) pilar konservsi keanekaragaman hayati; (2) pilar arsitektur hijau dan sistem transportasi internal; (3) pilar pengelolaan limbah; (4) pilar kebijakan nirkertas; (5) pilar energi bersih; (6) pilar konservasi etika, seni, dan budaya; (7) pilar kaderisasi konservasi.
Baru-baru ini diadakan kuliah bersama di lapangan FIK. Kuliah bersama dengan acara "Festival Parikan, Tari, dan Senam Konservasi di Universitas Negeri Semarang".  
1.      Parikan Konservasi
Parikan merupakan pantun jawa yang mempunyai hakikat dan ciri-ciri seperti pantun dalam bahasa Indonesia. Yang membedakan antara keduanya adalah media bahasa yang digunakan, parikan menggunakan bahasa jawa sedangkan pantun menggunkana bahasa Indonesia.

Parikan konservasi merupakan  parikan yang bertemakan konservsi, dibuat oleh seluruh mahasiswa baru. Setiap mahasiswa baru mengirimkan 3 parikan konservasi. Aksi ini mendapat perhatian dari berbagai pihak dan kalangan.

Parikan Konservasi
2.      Tari Konservasi
Tari Konservasi merupakan tari yang dibuat oleh Universitas Negeri Semarang untuk mendukung progam konservasi. Tari konservasi diiringi dengan gending jawa. Gerakan tari konservasi antara putra dan putri berbeda. Masing-masing mempunyai makna tersendiri.



Tari Konservasi
3.      Senam Konservasi
Senam Konservasi adalah senam yang dibuat oleh Universitas Negeri Semarang dengan iringan gamelan jawa. Senam konservasi terdiri dari tiga tahap, yaitu bagian pemanasan, bagian inti dan pendinginan.



Senam Konservasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar